REGULASI PEMERINTAH TENTANG KURIKULUM MERDEKA
Rekapitulasi Surat Persetujuan Orangtua pada Kegiatan Tasyakuran di Pantai Karanggongso Trenggalek
REGULASI PEMERINTAH TENTANG KURIKULUM MERDEKA
KURIKULUM SMK TERAPAN AL HIKMAH JOMBANG
BIDANG KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI
PROGRAM KEAHLIAN : PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK DAN GIM
KONSENTRASI KEAHLIAN : REKAYASA PERANGKAT LUNAK
KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 244/M/2024 TENTANG
SPEKTRUM KEAHLIAN DAN KONVERSI SPEKTRUM KEAHLIAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/ MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
PADA KURIKULUM MERDEKA
Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG) adalah salah satu program keahlian di SMK Terapan Al Hikmah Jombang. Program ini berfokus pada bidang informatika, yaitu software developer, baik itu web developer, mobile developer maupun game developer. Dengan tujuan lulusan program keahlian PPLG diarahkan menjadi Programmer, Web Desain, Web Programming, ataupun Developer. Adapun konsentrasi keahlian dari program keahlian PPLG di SMK Terapan Al Hikmah Jombang adalah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).
PROGRAM KEAHLIAN PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK DAN GIM
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 12 TAHUN 2024 TENTANG
KURIKULUM PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH
PROGRAM KEAHLIAN PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK DAN GIM
PROGRAM KEAHLIAN PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK DAN GIM
1. Proses bisnis menyeluruh bidang pengembangan perangkat lunak dan gim.
Peserta didik mampu memahami langkah-langkah kerja dalam pengembangan perangkat lunak dan gim dengan metode tertentu sesuai kebutuhan pelanggan.
2. Perkembangan dunia kerja bidang perangkat lunak dan gim.
Peserta didik mampu memahami perkembangan teknologi dan isu-isu global pada pengembangan perangkat lunak, jaringan komputer, cloud computing dan gim.
3. Profesi dan kewirausahan (job profile dan technopreneurship) serta peluang usaha di bidang industri perangkat lunak dan gim.
Peserta didik mampu memahami profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), personal branding untuk membangun vision dan passion, serta peluang usaha di bidang industri jaringan komputer, cloud computing, perangkat lunak dan gim.
4. Keselamatan dan Kesehatan Kerja LIngkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri
Peserta didik mampu menerapkan K3LH, budaya kerja industri, prosedur kerja, dan pencegahan kecelakaan kerja.
5. Orientasi dasar pengembangan perangkat lunak dan gim.
Peserta didik mampu memahami konsep dasar sistem jaringan dan ragam sistem operasi, menerapkan penggunaan perangkat dan aplikasi tools pengembangan perangkat lunak dan gim, menerapkan pengelolaan aset, UI (User Interface), dan algoritma pemrograman.
6. Pemrograman terstruktur
Peserta didik mampu menerapkan pemrograman terstruktur pada proyek sederhana pengembangan perangkat lunak dan gim.
7. Pemrograman Berorientasi Obyek
Peserta didik mampu menerapkan pemrograman berorientasi objek tingkat dasar pada proyek sederhana pengembangan perangkat lunak dan gim.
PROGRAM KEAHLIAN PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK DAN GIM
1. Proses bisnis menyeluruh bidang pengembangan perangkat lunak dan gim.
Proses Bisnis dan Konsep Pengembangan perangkat lunak dan gim
Model Pengembangan perangkat lunak dan gim
Pemasaran dan distribusi perangkat lunak dan gim
Penerapan Budaya Mutu
Manajemen Proyek
User Experience
2. Perkembangan dunia kerja bidang perangkat lunak dan gim.
Perkembangan Teknologi Industri 4.0
Jaringan Komputer
Cloud Computing
3. Profesi dan kewirausahan (job profile dan technopreneurship) serta peluang usaha di bidang industri perangkat lunak dan gim.
Profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship) di dunia kerja bidang perangkat lunak dan gim.
Peluang usaha di bidang industri jaringan komputer, cloud computing, perangkat lunak dan gim.
4. Keselamatan dan Kesehatan Kerja LIngkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri
K3LH, budaya kerja industri, prosedur kerja, dan pencegahan kecelakaan kerja.
5. Orientasi dasar pengembangan perangkat lunak dan gim.
Konsep Dasar Sistem Jaringan
Jenis Sistem Operasi
Perangkat dan Aplikasi Tools pengembangan perangkat lunak dan gim
Aset, UI (User Interface)
Algoritma pemrograman
6. Pemrograman terstruktur
Pemrograman Terstruktur (data statis & dinamis)
Tipe data, Array, Struktur Perulangan dan Percabangan
7. Pemrograman Berorientasi Obyek
Pemrograman berorientasi objek (prosedur dan fungsi, class, objek, method, package, access modifier, enkapsulasi, interface, pewarisan, dan polymorphism)